Kue

5 Dessert Terkenal di Dunia

By aireni - March 14, 2018

Dessert atau hidangan penutup adalah makanan yang biasanya disajikan di akhir makan. Atau kita mengenalnya dengan makanan pencuci mulut. Kali ini, saya akan membahas 5 dessert yang terkenal di dunia dan mungkin saja sudah pernah Anda coba. Apa saja itu?

Baklava – Turki
baklava, turki, kue khas turki
credit as labeled
Baklava adalah makanan ringan yang berupa pastry berlapis-lapis dengan isian pistachio. Makanan yang memiliki citra manis khas Turki ini, selain dikenal di negara aslinya, ternyata populer juga di tempat lain. Baklava menerima status perlindungan Uni Eropa pada tahun 2013 dan menjadi produk Turki pertama yang mendapat status tersebut. Dengan ini, tidak akan ada negara lain yang bisa mengklaimnya sebagai makanan khas negara teresebut. Dan untuk pencegahan penggunaan bahan-bahan  tiruan, Turkish Standards Institute (TSE) menetapkan standar khusus dalam pembuatan baklava.

Dragon Beard Candy – Tiongkok
dragon beard candy, tiongkok, kue khas tiongkok
credit as labeled
Dessert yang merupakan seni tradisi Tiongkok ini terbuat dari gula malt yang mencapai kekentalan yang sangat pekat. Kemudian diuleni di atas tepung ketan yang telah disangrai. Cara pembuatannya sama seperti membuat mie tradisional. Adonan ditarik dengan dua belah tangan, digulung, lalu ditarik kembali. Proses ini terus berlanjut sampai adonan berbentuk belaian halus  seperti jenggot atau beard. Terakhir adonan digulung dengan memberikan isian kacang tanah sangrai yang sudah dihaluskan.

Gulab Jamun – India
gulab jamun, kue khas india, india
credit as labeled
Gulab Jamun merupakan dessert populer di India yang biasa disajikan saat perayaan hari-hari besar. Makanan khas ini terbuat dari susu yang dimasak hingga airnya menguap sebelum dicampur dengan tepung. Proses selanjutnya, adonan dibentuk menjadi bola-bola kecil lalu digoreng, kemudian disajikan degan sirup gula atau sirup mawar. Dalam bahasa Hindi, arti dari gulab sendiri adalah mawar, sedangkan jamun adalah nama buah berwarna gelap yang memiliki bentuk hampir sama dengan dessert ini.

Lamington Cake – Australia
lamington cake, kue khas australia
credit as labeled
Lamington cake adalah salah satu kue yang terkenal di Australia. Bahkan tanggal 21 Juli ditetapkan sebagai hari nasional Lamington. Secara umum, kue ini berbentuk segi empat kecil yang dilapisi coklat dan kelapa parut kering di bagian luar.

Lamington cake ditemukan secara tidak sengaja oleh gubernur ke-8 Queensland, Lord Lamington. Konon salah satu pelayannya secara tidak sengaja menjatatuhkan kue bolu ke dalam coklat cair. Karena tidak ingin membuang makanannya, Lamington menyarankan untuk membalut cake tersebut di dalam kelapa, agar coklatnya tidak menempel di tangan. Dan Lamington menyukai rasa dari kue tersebut.

Nanaimo Bars – Kanada
namaimo bars, kue khas kanada
credit as labeled
Nanaimo Bars terdiri dari lapisan wafer, mentega, dan coklat. Nama dari kue ini diambil dari kota Nanaimo yang berada di pulau Vancouver, Kanada.

Itulah 5 dessert yang terkenal di dunia. Sudahkah Anda mencobanya?


Referensi:
https://food.detik.com/berita-boga/d-2841368/turki-tetapkan-standar-baklava-untuk-cegah-pemalsuan
http://www.radioaustralia.net.au/international/radio/onairhighlights/australians-celebrate-national-lamington-day/983740
https://www.youtube.com/watch?v=YJZgqa3vnIE (Wonderfood Net TV)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar